Leave a comment

Menu Makanan Ini Saat Berbuka, Bisa Bikin Cepat Lemas

Makanan manis memang dianjurkan sebagai menu berbuka puasa, namun bukan berarti bisa dikonsumsi berlebihan. Terlalu banyak gula justru membuat stamina cepat drop, sehingga terasa cepat lemas.

Bukan cuma makanan manis, makanan apapun sebenarnya tidak sebaiknya dikonsumsi berlebihan. Terlebih saat berbuka, ketika perut berada dalam kondisi kosong setelah seharian penuh tidak terisi oleh makanan.

“Kita sering ‘lapar mata’, padahal kebutuhan tubuh tidak sebanyak itu,” kata dr Ahmad Fuady, M.Sc-HEPL, Kepala Klinik Dokter Keluarga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Kayu Putih, seperti dikutip dari detik.

Saat seseorang lapar mata dan kemudian kalap makan berlebihan, maka energinya akan terkonsentrasi ke lambung. Metabolisme bekerja dengan lebih keras untuk mencerna makanan yang tiba-tiba saja memenuhi lambung. Efeknya, tubuh jadi cepat lemas.

Makanan manis tetap boleh dikonsumsi saat berbuka, bahkan harus. Takarannya saja yang diatur, agar tidak berlebihan. Cukup untuk menaikkan kadar gula darah, setelah itu konsumsilah makanan yang seimbang seperti biasa agar kebutuhan nutrisi serta sumber energi tetap terjaga.

“Pastikan seimbang dan dalam jumlah yang secukupnya. Mirip dengan sahur,” kata dr Ahmad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: