Leave a comment

Manfaat Pakchoy

Manfaat PakchoySayuran yang masuk keluarga kol ini ditanam di Cina sejak berabad lalu. Rasanya manis, renyah dan kaya nutrisi. Di Hongkong terdapat lebih dari 20 jenis pakchoy, termasuk shang hay pakchoy yang berukuran mungil (baby). Pakchoy populer di Filipina sejak tahun 1500-an. Sering dipakai untuk menggati kol dalam masakan mi khas filipina yang disebut pancit. Juga dibuat kimchi, acar pedah khas Korea.

Manfaat Pakchoy
Pakchoy merupakan obat tradisional kanker karena mengandung komponen antikanker dan antioksidan. Sayuran ini dapat meningkatkan metabolisme estrogen, sehingga membantu menghambat penyakit kanker payudara dan menekan pertumbuhan polip yang bisa berkembang menjadi penyakit kanker Usus ( Kolon ). Makan pakchoy lebih dari sekali seminggu dapat memotong risiko penykit kanker kolon hingga 66 persen.

Komponen brassin dalam pakchoy dapat mencegah tumbuhnya penyakit tumor payudara. Selain itu juga mengandung fitonutrien. Penelitian menunjukkan bahwa komponen dalam pakchoy, yakni sulforafane, efekti melawan penyakit kanker payudara dan kanker usus, dengan cara menaikkan produksi enzim pencegah tumor. Selain itu, merangsang produksi enzim glutation, yang bekerja menyingkirkan racun dari kolon, sehingga tak sempat merusak sel tubuh. Penelitian laboratorium pada binatang menunjukkan sulforafane dapat mengurangi kejadian penyakit tumor payudara hingga 40 persen.

Sayuran ini juga memiliki kekuatan antivirus dan antibakteri, membantu mencegah katarak, menekan risiko terjadinya cacat bawaan, menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung karena dapat menjaga tekanan darah tetap normal, serta menyembuhkan tukak di pencernaan.

Pakchoy mengandung nutrisi yang lebih tinggi dibanding jenis kol yang lain. Semangkuk pakchoy mengandung betakaroten yang hampir setara dengan kebutuhan kita dalam sehari.

Kandungan Gizi Pakchoy
Vitamin A dan C, kalsium, zat besi, serat, folat, potasium.

Ingat
bila terlalu banyak mengomsumsinya, pakchoy bisa menyebabkan perut kembung. Proses pemasakan bisa mengurangi kadar nutrisi dalam pakchoy hingga setengahnya. Lebih baik menyantapnya selagi segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: