Leave a comment

Informasi Seputar Ketombe

Informasi Seputar KetombeBerdasarkan sebuah penelitian di sebuah situs kesehatan, lebih dari 85 persen pria dan wanita kurang pede (percaya diri) karena ketombe atau punya masalah seputar kesehatan rambut dan kulit kepala. Anda tentu setuju, rambut adalah mahkota yang sangat penting bagi penampilan.

Perlu disadari, munculnya ketombe merupakan proses normal. Namun, jika berlebihan, tentu bisa menganggu kenyamanan.

Apasih ketombe itu sebenarnya? Ketombe merupakan pertumbuhan yang berlebihan di kulit kepala tanpa peradangan. Gejala umumnya adalah adanya sisik-sisik putih di kulit kepala diserta rasa gatal dan rambut rontok. Gejala yang muncul dapat bervariasi antarindividu.

Ketombe atau dalam bahasa medis dikenal dengan ptiriasis skika ( dandruff ) banyak diderita penduduk Indonesia yang beriklim tropis dengan udara lembab. “Penyakit ini biasanya menimpa orang yang kulitnya berminyak. Ketombe lebih banyak terjadi pada pria dan wanita berusia 30-40 tahun.

Terlalu Berminyak

Ketombe timbul akibat produksi minyak belebih di kulit kepala. Ketombe bukan dikarenakan kulit kepala kering, seperti dugaan kita selama ini.

Produksi lemak berlebih juga bisa dilihat pada kulit wajah. Jika daerah sekitar hidung tampak mengkilat, berarti kita mempunyai risiko berketombe karena kulit wajah dan kulit kepala sebenarnya menyatu.

Orang yang kulitnya berminyak sebaiknya menghindari makanan berlemak atau berkalori tinggi. Sebab, makanan jenis ini merangsang produksi melak yang berlebihan.

Anda mungkin akan merasa sangat gatal bila berketombe. Namun, hal tersebut tidak akan menimbulkan peradangan, seperti penyakit kulit lain. Kondisi rambut yang berketombe disebut seborrhea, yang berkaitan dengan pertumbuhan jamur pityrosporin secara berlebihan.

Stres dan kelainan saraf tertentu diduga dapat memicu reaksi dari jamur ini yang mengakibatkan inflamasi (karena gatal). Sel-sel kulit jadi cepat terkeluas. Kemungkinan lain, penggunaan kosmetika rambut yang tidak tepat.

Bila Anda berketombe, sebaiknya hindari penggunaan hair spary dan gel yang berlebihan, pewarna rambut yang tidak tepat dan alat keriting rambut elektrik. Hindari menggaruk kulit kepala yang dapat memperparah kondisi rambut yang berketombe.

Hawa dingin dan pengeringan rambut, terlalu ketat mengenakan topi atau scraf, jarang keramas, kurang bersih dalam mencuci rambut, stres, kekhawatiran yang berlebihan, juga memperparah timbulnya ketombe.

Untuk perawatan rambut berketombe, gunakan sampo antiketombe yang mengandung minyak pohon teh, salicylic acid, sulfur, dan zinc pyrithione. Setelah keramas, lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan caran garam untuk mengangkat ketombe. Diet teratur, rekreasi dan istirahat yang cukup, serta mengurangi rokok dan minuman keras dapat membantu mencegah ketombe.

Obat tradisional Anti Ketombe

obat tradisional antiketombe secara alami bisa diperoleh dengan melakukan pemijatan di kulit kepala memakai sari apel. Setelah memijat, diamkan sejenak dan jangan diusap. Lakukan terapi ini seminggu sekali. Selain dengan sari apel, Anda juga bisa memanfaatkan teh hijau, nanas, air kelapa dan mengkudu.

Untuk teh hijau, cukup keramas dengan air rendamannya. Parutan nanas matang ditambah perasan jeruk nipis juga bisa dibalurkan di atas kepala. Diamkan baluran ini semalaman. Pagi harinya, baru bilas air bersih.

Mengapa nanas? buah nanas bersifat dingin dan antiradang. Buah ini baik untuk membersihkan dan mengembalikan jaringan kulit yang mati.

Lain lagi dengan mengkudu. Anda cukup membilas kepala dengan air jus mengkudu. Diamkan selama 1 menit. Selanjutnya bilas kembali dengan air bersih. Ramuan-ramuan tadi efektif menghilangkan ketombe di kepala.

Aneka Ramuan Tradisional Anti Ketombe dan untuk menyehatkan rambut

Berikut beberapa ramuan tradisional untuk mengatasi ketombe

Bahan: Santan kelapa dan air buah nanas, masing-masing 100 ml, air perasan dari sebutir jeruk purut.

Cara : campur semua bahan. Gunakan ramuan untuk membasahi kulit kepala sehabis keramas.

Bahan: Satu cangkir minyak wijen, satu cangkir minyak kelapa, 3 lembar daun urang-aring, 3 lembar daun waru, 3 lembar daun mangkokan, 3 lembar daun pandan wangi, 2 butir kemiri, 1 kuntum bunga mawar, 7 kuntum bunga melati

Cara: Rebus 2 liter air hingga mendidih. Masak minyak wijen dan minyak kelapa hingga mendidih, lalu masukkan ke dalam rebusan air. Masukkan semua bahan, setelah 15 menit diangkat, saring dan dinginkan. Menjelas tidur malam, oleskan air ramuan pada kulit kepala hingga merata, sambil dipijat selama 10 menit. Lakukan secara teratur hingga ketombe hilang.

Bahan: 3-4 siung bawang merah.

Cara: Kupas kulit bawang, lalu parut atau tumbuk hingga halus. Oleskan ramuan pada bagian kulit kepala sambil digosok-gosok perlahan selama 5 menit. Bilas rambut dengan air hanya hingga bersih. Lakukan hal ini seminggu sekali. Bila rambut rontok, hentikan pemakaiannya. Itu tanda rambut anda tidak cocok dengan ramuan ini.

Bahan: 7 lembar daun pandan segar.

Cara: cuci bersih bahan, lalu giling hingga halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas-remas hingga merata, lalu peras dan saring. Oleskan ari perasan daun pandan ke kulit kepala yang berketombe. Biarkan hingga kering, bila perlu oleskan sekali lagi. Sekitar 30-60 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hingga ketombe sembuh.

Bahan: 3 buah kemiri.

Cara: tumbuk kemiri hingga halus, lalu masak hingga mengeluarkan minyak. Gosokkan minyak kemiri ke kulit kepala hingga meresap ke pori-pori. Bilas rambut dengan air bersih. Lakukan 3 kali seminggu.

Bahan: 1 buah jeruk nipis.

Cara: bahan dipotong menjadi 2-4 bagian, lalu gosokkan ke kulit kepala secara merata. Biarkan kering beberapa lama, kemudian bilas dengan air bersih.

Bahan: 2-3 lembar daun kecubung

Cara: cuci bahan, lalu tumbuk hingga halus. Gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih

Bahan: satu buah nanas matang, 1 buah jeruk nipis

Cara: kupas nanas, parut, lalu peras dan saring. Tambahkan perasan air buah jeruk nipis, aduk sampai rata. Gunakan ramuan untuk menggosok kulit yang berketombe. Lakukan malam hari sebelum tidur. Keramas rambut keesokan paginya. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Bahan: segenggam daun ingu segar, 1 potong kunyit, 1 sendok teh beras.

Cara: cuci semua bahan, lalu giling hingga halus seperti bubur. Gosokkan pada kulit kepala yang berketombe.

Bahan: seikat kangkung

Cara: cuci bersih bahan, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Diamkan hingga dingin, remas-remas, lalu gosokkan pada kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit. Bilas dengan air rebusan kangkung, lalu bilas dengan air.

Bahan: teh hijau

Cara: rendam teh hijau dalam air panas. Setelah dingin, bilas kepala dengan air teh hijau. Lakukan setiap malam, hingga ketombe hilang

Bahan: 1 buah mengkudu

Cara: mengkudu dijus dengan 1 gelas air. Balurkan air jus mengkudu di kepala, diamkan 1 menit, lalu bilas dengan air bersih. Semoga Bermanfaat. (dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: