Leave a comment

Otak Wanita Memang Takut Gemuk

Utah, AS, Perempuan yang tidak takut gemuk adalah perempuan yang aneh. Dari scan otak yang dilakukan, otak perempuan memang takut gemuk, jadi hal yang normal jika sedikit-sedikit perempuan mengeluh takut gemuk.

Dikutip dari ScienceDaily, pemindaian otak dilakukan dengan teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI) oleh tim peneliti dari Brigham Young University.

Pesertanya adalah sekelompok wanita dengan berat badan normal dan tidak mengalami gangguan pola makan. Sebelum dipindai otaknya, mereka disuruh melihat foto seorang wanita tak dikenal yang mengalami kelebihan bobot.

Hasil pemindaian, foto tersebut telah mengaktifkan bagian otak yang memproses identitas dan refleksi diri. Partisipan menjadi gelisah dan membayangkan tubuhnya bisa menjadi seperti dalam foto tersebut.

Temuan ini akan dilaporkan dalam jurnal psikologi, Personality and Individual Differences untuk edisi Mei 2010.

Para peneliti sebenarnya tengah mengerjakan proyek untuk mengatasi gangguan makan dengan memindai otak. Pada wanita dengan gangguan makan anorexia dan bulimia, melihat foto wanita gemuk memang mengaktifkan pusat refleksi diri di otak yang dinamakan medial prefrontal cortex.

Para peneliti tidak menduga sebelumnya, bahwa wanita tanpa gangguan pola makan juga takut menjadi gemuk. Pengamatan terhadap kelompok tersebut pada awalnya hanya sebagai pembanding.

Karena penasaran dengan hasil tersebut, peneliti melakukan pengamatan serupa pada sekelompok pria. Sayang, gejala semacam ini tidak ditemukan pada pria. Ternyata otak pria biasa-biasa responsnya saja kalau menjadi gemuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: