Leave a comment

Gejala Serangan Jantung Pada Perempuan

Serangan jantung masih dianggap penyakit kaum laki-laki, padahal perempuan juga bisa terkena. Tapi banyak perempuan yang tidak menyadari sehingga jarang terdeteksi. Kenali gejala serangan jantung pada perempuan.

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) menunjukkan bahwa perempuan sering mengalami gejala satu bulan atau lebih sebelum akhirnya mendapatkan serangan jantung.

Diantara 515 perempuan yang diteliti, sebanyak 95 persen mengatakan bahwa mereka baru mengetahui gejala yang berbeda setelah satu bulan sebelum terkena serangan jantung atau Acute Myocardial Infarction (AMI).

“Sayangnya banyak perempuan yang tidak tahu bahwa gejala yang dialaminya adalah tanda serangan jantung, karena gejala yang timbul bisa secara signifikan berbeda dengan kaum laki-laki,” ujar C Noel Bairey Merz, M.D ketua American College of Cardiology’s Prevention and Cardiovascular Diseases Committee, seperti dikutip dari Medicinenet.

Berdasarkan penelitian didapatkan sekitar kurang dari 30 persen perempuan mengalami nyeri dada atau rasa ketidaknyamanan sebelum serangan jantung, dan sebanyak 43 persen tidak mengalami nyeri dada selama fase serangan jantung. Namun kebanyakan dokter tetap mempertimbangkan nyeri dada sebagai gejala serangan jantung yang penting bagi laki-laki dan perempuan.

“Semakin jelas bahwa gejala yang dialami oleh perempuan tidak bisa ditebak seperti laki-laki. Hal ini menunjukkan harus adanya kesadaran baik dari pihak perempuan maupun dokternya mengenai gejala yang dapat mengarah ke serangan jantung,” ujar Patricia A Grady, PhD, RN, direktur dari NINR (National Institute of Nursing Research).

Patricia menambahkan hal ini penting agar tidak melewatkan kesempatan sedini mungkin untuk mencegah atau mengurangi AMI, karena hingga kini AMI masih menjadi penyebab pertama kematian pada laki-laki maupun perempuan.

Sebelum serangan jantung, ada beberapa gejala yang biasanya dialami oleh perempuan yaitu:

  •     Kelelahan yang tidak biasa (dialami sekitar 70 persen perempuan)
  •     Gangguan tidur (dialami sekitar 48 persen)
  •     Sesak napas (dialami sekitar 42 persen)
  •     Gangguan pencernaan (dialami sekitar 39 persen)
  •     Rasa ketakutan (dialami sekitar 35 persen).

Saat serangan jantung terjadi ada beberapa gejala yang biasa menyertai yaitu:Sesak napas (dialami sekitar 58 persen)

  • Lemah (dialami sekitar 55 persen)
  • Kelelahan yang tidak biasa (dialami sekitar 43 persen)
  • Keringat dingin (dialami sekitar 39 persen)
  • Pusing (dialami sekitar 39 persen).

Perempuan yang mengalami kematian akibat serangan jantung karena tidak menyadari gejala yagng timbul. Untuk itu kenali gejala serangan jantung yang terjadi pada perempuan karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa melihat jenis kelaminnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: