Leave a comment

Amankah Minum Multivitamin Tiap Hari?

Multivitamin sudah menjadi pelengkap orang yang dikonsumsi tiap hari untuk melengkapi asupan gizi yang kurang pada tubuh. Tapi amankah minum multivitamin tiap hari?

“Seperti beberapa penelitian sebelumnya, multivitamin mungkin tidak benar-benar bermanfaat untuk kesehatan Anda,” kata Kat Arney, manajer informasi science Cancer Research UK, seperti dilansir dari Dailymail.

Menurutnya, semua nutrisi yang tepat untuk tubuh bisa kita dapatkan dari pola makan yang sehat, kaya serat dari buah dan sayuran.

Dalam penelitian kali ini ditemukan wanita yang minum multivitamin tiap hari untuk mencegah penyakit, justru dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Peneliti menemukan bahwa wanita paruh baya dan lebih tua yang secara teratur mengonsumsi suplemen multivitamin, hampir 20 persen lebih mungkin untuk mengembangkan tumor.

Mereka percaya suplemen dapat memicu pertumbuhan tumor dengan meningkatkan densitas jaringan payudara, yang dikenal merupakan faktor risiko untuk kanker.

Studi menunjukkan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral dapat meningkatkan jaringan payudara lebih dari 5 persen.

Asam folat yang mungkin ditemukan dalam pil multivitamin juga bisa menjadi faktor, dan menurut studi asam folat dosis tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan tumor.

Para ahli dari Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, telah mempelajari lebih dari 35.000 wanita berusia antara 49 dan 83 selama 10 tahun.

Mereka menemukan orang-orang yang secara teratur mengonsumsi multivitamin, 19 persen lebih mungkin mengembangkan tumor payudara.

Bahkan ketika peneliti memperhitungkan wanita merokok, terlalu banyak latihan atau memiliki riwayat kanker, yang merupakan faktor kuat risiko kanker, mereka masih menemukan adanya kaitan yang signifikan dengan pengonsumsian multivitamin.

Pada tahun 2007, ada sebuah studi yang menemukan hampir 300.000 orang ditemukan mengonsumsi suplemen lebih dari sekali sehari, 32 persen lebih mungkin mengembangkan kanker prostat agresif.

Dan tahun 2008, penelitian di Universitas Kopenhagen menemukan bahwa dosis tinggi vitamin A, vitamin E dan beta-karoten tampaknya meningkatkan peluang kematian dini.

Setiap tahun sekitar 40.000 perempuan di Inggris didiagnosis dengan kanker payudara, setara dengan lebih dari 100 hari. Seorang wanita memiliki satu dari sembilan kesempatan untuk mengembangkan penyakit tersebut pada beberapa titik dalam hidupnya.

Para peneliti juga mengatakan bahwa tidak hanya multivitamin yang menyebabkan peningkatan kasus kanker, tetapi ada faktor lain yang mungkin mendukung seperti gaya hidup yang tidak sehat pada wanita.

Namun, para ahli memperingatkan hasil temuan ini mengkhawatirkan dan perlu dilakukan studi yang mendalam untuk menentukan apakah multivitamin aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Sumber : detikhealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: