Leave a comment

Hati-hati Bikin Tatto! Warna Tertentu Lebih Berbahaya

Glasgow, Akibat sembarangan bikin tatto, seorang pria di Glasgow Skotlandia mengalami pembengkakan limpa. Menurut dokter, kondisi ini dipicu oleh warna tinta yang digunakannya yakni merah, biru dan hitam. Seandainya pakai warna hijau, pria ini lebih aman.

Pria 23 tahun yang tidak disebutkan namanya ini merupakan penggemar berat klub sepakbola Glasgow Ranger, sampai-sampai rela membuat tatto bergambar logo klub tersebut di dadanya. Kebetulan, warna dominan pada logo Ranger adalah biru dan merah, dengan hitam sebagai bingkainya.

Siapa sangka, gara-gara tatto tersebut pria ini harus dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan karena mengalami pembengkakan kelenjar limpa di ketiak dan selangkangan. Lokasinya memang agak jauh dari dada tempat tatto itu terpahat sehingga tak ada yang menyangka keduanya saling berhubungan.

Awalnya dokter mengira pembengkakan itu terjadi karena kanker sehingga langsung melakukan pemeriksaan agar bisa diantisipasi sedini mungkin. Di rumah sakit, pria yang berprofesi sebagai petinju amatir ini langsung disarankan untuk menjalani pemeriksaan darah.

Namun dalam pemeriksaan sel darah, dokter menemukan bercak-bercak pigmen (zat warna) gelap yang mengotori darah. Oleh karena itu dokter menduga, pembengkakan terjadi karena zat warna yang digunakan dalam pembuatan tatto berupa logo Glasgow Ranger.

Pembengkakan limpa ini mengakibatkan fungsi imunitas atau sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit. Karena bereaksi dengan zat warna tertentu yang digunakan dalam tatto, kelenjar ini menjadi tidak optimal dalam memproduksi sel-sel imun.

Kasus langka ini kemudian dipelajari oleh 3 ahli hematologi di Skotlandia, yakni Mike Leach, Robert Jackson dan Edward J Fitzsimon. Dalam laporannya di British Journal of Haematology, ketiganya menyimpulkan bahwa pembengkakan itu memang dipicu oleh zat warna hitam, hijau dan merah.

“Kebetulan kota Glasgow punya 2 klub sepakbola, Ranger dan Celtic. Risiko pembengkakan kelenjar limpa pada suporter Celtic ternyata lebih rendah karena logo tim itu berwarna hijau,” tulis para peneliti dalam laporannya, seperti dikutip dari The Sun.

Temuan ini menyiratkan bahwa tatto yang dibuat dengan warna hijau lebih aman dari risiko pembengkakan kelenjar limpa.

Sumber : detikhealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: