Leave a comment

Cara Mudah Awet Muda

Menjadi tua adalah pasti. Tetapi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut proses penuaan bisa ditunda. Lakukan 6 cara mudah dan sehat berikut ini.

Berbagai cara dilakukan orang untuk dapat terlihat awet muda, terutama kaum hawa. Tapi tidak semua cara dilakukan dengan sehat sehingga dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Enam cara sehat untuk membuat kulit terlihat awet muda, seperti dilansir Healthmad, yaitu:

1. Hindari sinar matahari siang
Paparan sinar matahari siang merupakan faktor utama penuaan kulit. Menurut para ahli, penuaan tersebut bukan karena usia tetapi adanya radiasi ultraviolet yang memecah sel-sel. Retin A adalah jawaban sempurna untuk masalah ini. Namun, jika Anda berada di luar ruangan pada siang hari, sebaiknya gunakan tabir surya atau memakai topi.

2. Cukup tidur dengan posisi yang benar
Tidur minimal 7-8 jam sehari adalah suatu keharusan untuk kesehatan yang baik. Selain itu, posisi tidur juga dapat mempengaruhi kulit. Tidur dengan posisi tengkurap (menghadap bawah) dapat menyebabkan kerutan pada wajah. Untuk kesehatan kulit, tidur dengan posisi telentang adalah yang terbaik.

3. Minum cukup air
Anda harus minum setidaknya 8 gelas air sehari. Minum air akan membuat tubuh bekerja lebih baik. Sel-sel kulit akan bekerja dengan baik bila cukup terhidrasi.

4. Makan banyak buah dan sayur
Buah dan sayuran dapat melawan penuaan molekul tubuh. Buah dan sayur juga mencegah penurunan kognitif (kemampuan berpikir). Ini adalah dua alasan bagus untuk mulai makan lebih banyak buah dan sayuran.

5. Berhenti merokok
Merokok menyebabkan kulit kusut dan gigi kuning. Kandungan tar pada asap rokok serta nikotin dapat menyebabkan vasokonstriksi, yakni penyempitan pembuluh darah yang dapat membatasi aliran darah yang kaya oksigen ke pembuluh darah tipis di wajah atau bagian lain dari tubuh. Secara nyata perokok akan terlihat lebih tua dari umurnya.

6. Olahraga
Olahraga tidak saja membuat bentuk tubuh tetap ideal, tetapi juga dapat merangsang aliran darah yang berguna untuk peremajaan kulit. Olahraga juga dapat meredakan stres dan memberikan energi. Dan yang terpenting, olahraga dapat meningkatkan suhu kulit sehingga lebih banyak memproduksi kolagen (protein yang digunakan tubuh untuk membentuk jaringan ikat untuk peremajaan kulit.

Sumber : detikhealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: