Leave a comment

Tips Peregangan Sebelum Olahraga

Aktif berolahraga mengantarkan seseorang pada tubuh yang sehat dan bugar. Meski demikian sebelum melakukan aktivitas yang berat, ada baiknya Anda sempatkan proses peregangan. Dalam situs timesofindia.com, peregangan akan meningkatkan fleksibilitas, dan kinerja secara keseluruhan.

Peregangan sebelum atau setelah olahraga memiliki beberapa fungsi, seperti mencegah adanya cedera saat olahraga, meningkatkan jangkauan gerak, meningkatkan kerja otot, memberikan fleksibilitas, memungkinkan untuk pemulihan lebih cepat dan pertumbuhan otot yang lebih baik, dan memungkinkan untuk gaya hidup yang lebih aktif di kemudian hari.

Berikut kiat untuk melakukan peregangan sebelum olah tubuh :

  1. Lakukan peregangan selama 5-10 menit dengan gerakan intensitas rendah sebelum berolahraga.
  2. Hindari peregangan secara acak. Usahakan berurutan dari atas ke bawah, atau dari bawah ke atas. Peregangan secara acak, akan menyebabkan peredaran darah tidak teratur, sehingga terkadang bisa menimbulkan rasa mual dan pusing.
  3. Batasi gerakan peregangan, jangan melakukan sampai terasa sakit. Jika sampai timbul nyeri, berarti peregangan yang Anda lakukan salah. Hentikan segera!
  4. Setelah melakukan olahraga berat, jangan tinggalkan gerakan pendinginan dengan intensitas rendah dalam kurun waktu yang sama, hal tersebut merupakan bentuk pengembalian agar kerja jantung kembali seperti semula.

Sumber : mediahidupsehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: