Leave a comment

Benarkan Pil Kontrasepsi Halau Nyeri Menstruasi?

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia menyebutkan bahwa penggunaan pil kontrasepsi pasca kehamilan ada kaitannya dengan pengurangan nyeri saat menstruasi. Studi tersebut dilakukan lebih dari 1.400 relawan perempuan selama kurun waktu 30 tahun.

Dalam penelitian para relawan diminta untuk mengisi kuisioner saat mereka berumur 19 tahun dan kembali mengisi kuisioner pada lima tahun berikutnya. Bagi para peneliti, usia relawan ketika penelitian dilangsungkan merupakan faktor terpenting. Karena akan berpengaruh terhadap hasil penelitian.

Dalam uji penelitian, para perempuan diberikan pil kontrasepsi setelah mereka melahirkan, dalam hasil temuan didapatkan bahwa pil kontrasepsi tersebut ampuh dalam mengurangi rasa nyeri ketika mereka menstruasi.

Bagi Ingela Lindh, Ginekolog dari Gothenburg Institute of Clinical Sciences, Swedia, untuk mengurangi nyeri saat menstruasi bagi perempuan setelah melahirkan, dokter manyarankan mereka untuk memberikan resep kontrasepsi berupa pil, sehingga ikut berperan dalam menangkal datangnya rasa nyeri. Studi ini telah dipublikasikan dalam European journal Human Reproduction.

Sumber : mediahidupsehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: