Leave a comment

Serangan Jantung Perempuan Lebih Berbahaya

Menurut sebuah penelitian di Amerika, perempuan muda cenderung terserang penyakit jantung tanpa adanya tanda-tanda umum seperti nyeri dada. Penelitian tersebut berawal dari jumlah perempuan muda yang lebih banyak datang ke Rumah Sakit karena serangan jantung tanpa adanya keluhan terlebih dahulu.

“Mereka mungkin tidak tahu mereka telah mengalami serangan jantung,” kata John Canto, dari Klinik Watson di Lakeland, Florida.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medical Association, kurangnya gejala umum sebelum serangan jantung dapat mengakibatkan tertundanya pengobatan medis.
Canto dan rekan peneliti lainnya menganalisis catatan medis dalam National Database of Heart dari 1,1 juta pasien yang dirawat di hampir 2.000 rumah sakit pada kurun waktu antara 1994-2006.

Dari hasil penelitian ditemukan hanya 31 persen pasien laki-laki yang tidak memiliki rasa nyeri dada. Sedangkan 42 persen jumlah untuk pasien perempuan muda.
 
Peneliti menyebutkan bahwa persentase antara perempuan dan laki-laki terlampau jauh.
Meski demikian selain nyeri dada, tanda-tanda serangan jantung juga bisa dilihat dari sesak napas, atau nyeri di daerah rahang, leher, lengan, punggung dan perut. Terutama bagi mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat perokok dan penyakit jantung.

Sumber : mediahidupsehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: