Leave a comment

Budaya Hidup Sehat Cegah Kanker Anak Sejak Dini

Budaya hidup sehat bagi anak-anak dapat mencegah timbulnya kanker pada usia balita dan anak. Karena itu, spesialis anak dari RSCM, dr. Maria Abdulsalam, Sp.A(K) menghimbau para orang tua untuk membiasakan pola hidup sehat di tengah-tengah keluarganya, terutama dalam hal konsumsi makanan bagi anak-anak.

Selain menghindari makanan yang mengandung zat pewarna, orang tua harus membiasakan anak untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

“Selain hindari makanan yang banyak mengandung zat pewarna, makan banyak vitamin A dan vitamin C dari buah-buahan dan sayur-sayuran,” ujar Maria dalam presentasinya di Seminar Kanker Anak yang diadakan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Rabu (26/3).

Maria juga sempat menjelaskan bahwa sifat kanker yang diderita baik oleh anak maupun orang dewasa bukan kumulatif, artinya bibit kanker bisa muncul kapan saja oleh karena faktor-faktor penyebabnya, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan.

“Maksud saya, kanker yang dialami oleh orang dewasa bukan berarti bibitnya sudah ada sejak dia anak-anak tapi tidak terdeteksi. Itu bisa muncul kapan saja karena faktor-faktor yang tadi saya sebutkan. Risiko anak terkena kanker pun itu memang sering disebabkan karena keluarganya punya riwayat kanker,” ujar Maria.

Faktor lingkungan yang dapat menyebabkan seseorang menderita kanker meliputi pengaruh bahan kimia, sinar radiasi, pemakaian obat, infeksi virus dan makanan. Maria menambahkan faktor-faktor pencetus kanker yang berasal dari lingkungan dapat dikendalikan dengan penerapan pola hidup sehat oleh para ibu bagi keluarganya.

Sumber : kompashealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: