Leave a comment

Redakan Nyeri Kanker Dengan Akupuntur

Satu lagi manfaat pengobatan tradisional asal ‘Negeri Tirai Bambu’. Akupunktur dapat membantu pasien kanker yang menderita nyeri pada kaki dan betis yang disebabkan oleh efek samping dari obat yang mereka minum.

Sebuah penelitian berskala kecil menemukan pasien yang telah menjalani pengobatan akupunktur melaporkan penurunan rasa sakit. Selain itu, nyeri pada syaraf juga terasa membaik, kata para peneliti dari Hamburg di Jerman. Penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Acupuncture in Medicine.

Para pasien yang dirawat dengan berbagai obat kemoterapi diketahui memang mengalami kondisi yakni neuropati perifer yang diinduksi kemoterapi yang merusak syaraf di betis dan kaki dan dapat menyebabkan kesulitan berjalan.

Enam orang telah menjalani sepuluh sesi akupunktur lebih dari tiga bulan. Hasilnya pun dibandingkan dengan lima pasien lain yang tidak manjalani akupunktur.

Para peneliti mengatakan berkat terapi tersebut, aliran darah ke kaki bagian bawah mungkin telah terdorong. Namun mereka menginginkan adanya uji coba yang lebih besar untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Sumber : mediahidupsehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: