Leave a comment

Tips Mencegah Balita Keracunan Obat

Hindari meletakkan obat-obatan secara sembarangan di rumah jika Anda memiliki anak balita. Data di Amerika Serikat menunjukkan setiap tahunnya 1 dari 150 anak berusia dua tahun dilarikan ke unit gawat darurat karena minum obat tanpa pengawasan.

“Meninggalkan obat di tempat yang mudah dicapai balita sangatlah berbahaya, namun hal ini sering tidak disadari para orangtua,” kata Dr.Dan Budnitz, direktur program keamanan obat dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), AS.

Untuk mencegah kemungkinan balita mengalami keracuna obat karena mengonsumsi obat sendiri, ikuti beberapa tip dari CDC berikut ini:

  • Simpan obat-obatan di tempat yang sulit dijangkau atau dilihat anak-anak.
  • Seperti halnya obat, suplemen vitamin juga berbahaya. Bahkan vitamin dan obat bebas yang biasa dikonsumsi anak bisa berakibat fatal jika banyak tertelan.
  • Bersikaplah disiplin dalam menutup tempat obat. Pastikan semua sudah tertutup rapat sehingga lebih sulit untuk dibuka anak-anak.
  • Ajari anak tentang bahaya obat dan hindari memberikan permen saat membujuk anak untuk minum obat karena hal itu bisa membingungkan anak.
  • Bila rumah Anda sering didatangi tamu atau kerabat yang meningap, ingatkan mereka juga untuk menyimpan obat-obatan pribadi di tempat yang sulit dijangkau anak.

Sumber : kompashealth

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: