Leave a comment

Ayang Perokok Anak Berisiko Leukimia

MENURUT sebuah penelitian di Australia, anak-anak yang ayahnya merokok berisiko terkena leukemia. American Journal of Epidemiology juga meneliti faktor kompleks yang menyebabkan anak-anak menderita acute lymphoblastic leukemia (ALL).

“Hasil penelitian menunjukkan ayah yang perokok berat, ketika melakukan pembuahan berisiko menghasilkan anak yang menderita leukemia,” kata Tim Peneliti di Telethin Institute for Child Health Research Elizabeth Milne seperti dikutip Reuters.

Meskipun demikian dari data yang mereka dapatkan hanya tiga sampai lima anak dari setiap 100 ribu orang yang menderita leukemia.

Para peneliti juga mengamati keluarga dari 300 anak yang menderita ALL dan menanyakan kebiasaan merokok yang dilakukan orang tua mereka. Perilaku merokok pada ibu tidak berisiko mengembangkan sel kanker ALL pada anak-anak. Justru ayah yang merokok sedikitnya 20 batang per hari,kemungkinan besar menularkan risiko terkena ALL pada anaknya.

Sudah ada sedikitnya sembilan laporan terkait peningkatan risiko ALL pada anak-anak. Profesor di University of California juga mengungkapkan paparan tembakau dan kanker pada anak telah diabaikan hingga saat ini. Dia menambahkan tembakau yang penuh racun mengandung karsinogen dan membuat kerusakan pada sel-sel yang memproduksi sperma. DNA sperma yang mengandung kerusakan bila berhasil membuahi sel telur dapat menyebabkan penyakit pada keturunannya.

Faktor lain yang berkesempatan besar berkembangnya ALL adalah radiasi x-ray dan paparan pestisida atau cat pada ibu hamil.

Sumber : mediahidupsehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: