Leave a comment

Biasakan Pola Makan Sehat Sejak Kecil

Cara terbaik mendorong anak untuk senang memilih makanan sehat adalah menyediakan dan membatasi pilihan jenis yang tidak sehat ketika makan bersama keluarga di rumah. Berikut ini tipsnya:

  • Sediakan dan selalu tawari anak untuk minum air putih.
  • Selalu sediakan buah yang siap dimakan di meja makan atau lemari es. Pilihan buah bisa berupa semangka, nanas, melon, dan pepaya yang sudah dipotong-potong, jeruk yang mudah dikupas, pisang, salak dan lain-lain. Pilih buah kesukaan anak Anda.
  • Pilihkan anak kudapan sehat seperti yoghurt, buah-buahan kering, kacang-kacangan, keju, atau crackers.
  • Ketika memasak daging, pilih yang bebas lemak. Biasakan juga anak untuk makan telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Jangan biasakan anak makan gorengan yang terlalu berminyak.
  • Batasi makanan olahan seperti kornet, dendeng, dan makanan lain yang mengalami proses pengawetan. Selalu pilih makanan segar dan alami untuk keluarga Anda.
  • Batasi fast food dan makanan miskin gizi seperti keripik dan permen. Mungkin boleh-boleh saja jika Anda membiarkan mereka sekali-sekali makan keripik dan permen, asal jangan terus-menerus.
  • Jangan biasakan anak untuk minum sirop atau minuman bersoda. Sebaiknya, biasakan anak minum jus segar bikinan sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: