Leave a comment

7 Cara Agar Ibu Hamil Tetap Nyaman

Kehamilan kadang bisa membuat ibu menjadi tidak nyaman karena adanya beberapa perubahan. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kehamilan jadi menyenangkan bagi si ibu hamil.

Perubahan hormon dan bentuk tubuh bisa mempengaruhi suasana hati dan kepercayaan diri ibu hamil. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meningkatkan suasana hati dan juga membuatnya lebih nyaman, seperti dikutip dari Parenting.com, Senin (5/12/2011) yaitu:

1. Kurangi tekanan dengan membuat ‘to do list’ yang tepat
Ibu hamil sering merasa tertekan dengan keharusan untuk makan dengan baik, berolahraga dan keharusan-keharusan lainnya. Untuk itu pilihlah prioritas utama mana yang perlu dilakukan dan menyeleksi hal-hal yang sebaiknya tidak perlu dilakukan.

2. Mengambil gambar kehamilan
Memiliki foto-foto selama kehamilan setiap bulannya bisa menjadi hal yang menyenangkan tidak hanya bagi anak kelak, tapi juga untuk ibu hamil. Hal ini bisa membuat ibu hamil lebih bersemangat menjalani kehamilan serta menghadapi persalinannya.

3. Menggunakan pakaian dalam yang pas dan nyaman
Selama kehamilan, payudara bisa menjadi tidak nyaman jika tidak didukung dengan tepat bahkan saat tidur. Untuk itu cobalah pakaian dalam yang memiliki ukuran pas sehingga membuat ibu hamil nyaman dan percaya diri.

4. Melakukan olahraga atau latihan
Beberapa latihan atau olahraga bisa membantu memperkuat otot yang diperlukan saat persalinan. Selain itu berolahraga juga membantu menjaga energi dan menurunkan stres. Carilah kelas olahraga atau latihan khusus untuk ibu hamil dan jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri ke dokter.

5. Melakukan relaksasi
Para ahli menuturkan aromaterapi bisa merangsang saraf penciuman yang nantinya mengaktifkan pusat emosi di otak. Cara relaksasi lain yang bisa dilakukan adalah latihan tarik napas dengan benar.

6. Ibu hamil tetap bisa bergaya
Kehamilan tidak menghambat seseorang untuk tetap bisa bergaya, saat ini banyak baju ibu hamil dengan model terkini. Hal terpenting jangan menyembunyikan kehamilan dengan menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau bisa berbahaya bagi janin.

7. Berilah kenyamanan bagi kaki
Kaki memiliki tugas menopang bagian tubuh atas, karenanya berilah kenyamanan bagi kaki. Untuk itu pilihlah sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan, tidak terlalu ketat dan mendukung kaki dengan baik. Selain itu rendamlah kaki secara teratur dan memberinya lotion yang menyegarkan.

Sumber : detikhealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: