Leave a comment

Hindari Kopi Jika Ingin Hamil

Bagi wanita yang sedang merencanakan untuk hamil dan memiliki anak, sebaiknya mengurangi konsumsi kopi. Sebuah penelitian menunjukkan kafein dalam kopi bisa membuat lebih sulit hamil bagi wanita.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa kafein dalam kopi dapat merusak perjalanan sel telur dari ovarium ke rahim. Hal ini akan mengganggu proses pembuahan dan membuat wanita sulit hamil.

Penelitian lain menunjukkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kopi akan mempengaruhi kesuburan wanita. Penelitian ini melibatkan 9000 wanita Belanda yang menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi sehari dapat mengurangi kemungkinan kehamilan sekitar 25 persen.

Penelitian terbaru berhasil menunjukkan bahwa kafein akan menghambat kontraksi saluran telur yang diperlukan untuk membawa sel telur ke rahim dengan cara menonaktifkan sel-sel di dinding saluran telur. Sel-sel ini berfungsi untuk mengkoordinasikan kontraksi saluran telur untuk memindahkan sel telur ke arah rahim. Penelitian ini menunjukkan pentingnya kontraksi saluran telur dalam pemindahan sel telur ke rahim. Hal ini ang tidak terpikirkan oleh para ilmuwan sebelumnya.

“Temuan ini menjelaskan mengapa minuman berkafein dapat mengurangi kesempatan seorang wanita menjadi hamil,” ujar Ketua Studi Sean Profesor Ward, dari University of Nevada.
Prof Ward mengatakan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa wanita yang suka minum kopi akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang tidak suka mengkonsumsi kopi.

Sumber : mediasehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: