Leave a comment

Kenali dan Cegah Virus Hepatitis A

Merebaknya infeksi hepatitis A pada puluhan siswa SMK Negeri 2 Kota Depok beberapa minggu lalu memang terbilang mengejutkan. Dikabarkan, telah ada 68 siswa yang terjangkit infeksi hepatitis A dan 9 siswa tengah dirawat intensif.

Hepatitis A merupakan infeksi yang endemis di masyarakat kita, terutama di akhir musim kemarau ini. Infeksi yang diketahui biasa menyebar melalui jajanan ini pastinya membuat para orang tua ketar-ketir akan kemanan jajanan anak-anak di sekolah.

Praktisi kesehatan Ari F Syam menjelaskan, “Hepatitis A adalah infeksi hati yang disebabkan virus hepatitis A. Infeksi ini ditularkan melalui makanan dan minuman atau juga melalui kontak langsung. Hubungan seksual, khususnya secara anal dan oral, juga bisa menjadi penyebab penularan hepatitis A.” Ia melanjutkan, virus ini terdapat pada feses pasien yang terinfeksi.

Kasus di Depok memang masih menunggu hasil penelitian laboratorium, tapi Ary menduga mewabahnya infeksi ini berasal dari makanan atau minuman yang tercemar. Sebab, virus ini sebenarnya tidak mudah untuk ditularkan hanya dengan bertemu di sekolah.

Pasien dengan hepatitis A biasanya mengalami mata dan kulit kuning dan urine yang berwarna kuning gelap. Gejala awalnya malah seperti flu, dengan sakit badan, mual, dan kadang disertai muntah, nafsu makan menurun, dan lemas. Pasien juga merasakan nyeri di perut kanan atas. Ini tidak mengherankan sebab liver pasien hepatitis A memang akan meradang.

Adapun obat-obat yang diberikan sifatnya hanya menghilangkan gejala yang muncul. Contohnya jika diare diberikan obat antidiare dan mual diberikan antimual. Virus hepatitis A tidak bisa menjadi hepatitis B karena memang virus penyebabnya berbeda. Oleh karena itu, kalau Anda sudah pernah menerima vaksin hepatitis B tidak berarti sudah terlindungi dari infeksi virus hepatitis A.

Yang terpenting dalam mencegah terinfeksi virus ini adalah hidup sehat dengan makan yang teratur dan cukup gizi, istirahat cukup, dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Tak lupa, rutin mencuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah makan serta setelah keluar dari toilet.

Sumber : mediaindonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: