Leave a comment

Cara Mengontrol Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun dapat dikontrol untuk menghindari komplikasinya. Ketahui langkah-langkah apa yang perlu dilakukan dalam mengontrol diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang ‘kaya’ akan komplikasi karena ia bisa mempengaruhi semua bagian tubuh sehingga perlu penanganan yang serius agar bisa terkontrol dengan baik.

Diabetes yang terkontrol akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, katarak, kebutaan, kerusakan saraf, disfungsi ereksi, gagal ginjal serta berbagai infeksi lainnya.

Agar diabetes yang dimiliki bisa terkontrol dengan baik, ikuti beberapa langkah berikut, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (27/10/2011) yaitu:

1. Mendapatkan informasi seputar diabetes dengan benar
Mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit yang dimiliki akan membantunya mengelola kondisi tersebut menjadi lebih baik serta mengurangi risiko adanya masalah lain. Salah satu informasi yang sebaiknya didapat adalah faktor risiko terhadap terjadinya komplikasi.

2. Melakukan perawatan untuk diabetes
Jika sudah didiagnosis diabetes, maka carilah dokter yang tepat untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang benar seperti mengontrol secara teratur, serta jangan ragu untuk meminta dokter menjelaskan segala hal mengenai penyakit ini.

3. Mengontrol kadar gula darah
Salah satu faktor penyebab timbulnya komplikasi adalah kadar gula darah yang tidak terkontrol, baik terlalu tinggi (hiperglikemia) atau rendah (hipoglikemia). Tak ada salahnya untuk memiliki alat pengukur kadar gula darah yang bisa digunakan di rumah.

4. Mengontrol penyakit diabetes
Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh gaya hidup, untuk itu lakukan pola makan yang tepat dengan menghindari makanan tertentu yang bisa memperburuk diabetes, melakukan olahraga teratur, merawat tubuh dengan baik, menghindari rokok serta mengurangi alkohol.

5. Mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol
Diabetes dan penyakit jantung saling berhubungan, karenanya penting mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol secara efektif. Kolesterol yang berlebih bisa menumpuk di sepanjang dinding arteri dan mengakibatkan kegagalan atau serangan jantung bahkan stroke.

Sumber : detikhealth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: